Monday, May 12, 2014

Islam & Modernisasi (IV)

Masjid Raya Istiqlal, Jakarta





PENGANTAR:

I
kutilah tulisan dibawah ini yang menerangkan ketinggian, kemuliaan dan rahmat bagi semua manusia dibawah ajaran Islam yang dibawa oleh Rasulullah saw. Ajaran Islam ini sangat compatible - untuk menyempurnakan - dengan dunia modern yang sedang kita jalani ini. 

Dunia yang masih banyak gaduh dengan segala hiruk pikuknya, kendatipun ilmu dan teknologi sudah sampai kepada puncaknya yang tak terbatas lagi? Akan tetapi hidup stress tumbuh subur, perang, pertikaian antar golongan, suku, warna kulit masih saja ada. Begitu pula teror dan phobia. Karena manusia tidak tahu lagi mau dibawa kemana oleh teknologi dalam peradaban (hubbud) dunia ini. Dunia modern ini yang rasanya segala bisa didapat tapi ada missing link dari kehidupan ini, yaitu kedamaian (peace) dan keamanan (security). □ AFM




ISLAM DAN MODERNISASI (IV)
Oleh: A. Fasial Marzuki


K
ata Islam berasal dari akar kata Silm atau Salama yang berarti memberikan kedamaian dan keamanan, dalam setiap tindakan yang dilakukan demi meningkatkan perdamaian dan keamanan umat manusia terlepas dari agama, ras, dan warna kulit. Segala sesuatu seperti yang telah disebutkan diatas - Silm (kedamaian) dan Salama (keamanan), yang tidak memegang prinsip dan tidak melaksanakannya  dianggap tidak Islami atau anti-Islam

Hijrahnya Nabi saw dari Mekah ke Madinah adalah salah satu contoh terbaik untuk memahami pentingnya perdamaian dalam (ajaran) agama Islam. Setelah janji kesetiaan pertama yang terjadi di Madinah antara dua belas orang Madinah yang datang untuk memeluk Islam dan Nabi Muhammad saw menyatakan kepada mereka sebagai wakil warga Madinah. Dalam kesempatan yang lain memberikan khotbah pertama tentang Islam yang isinya memperkenalkan ‘apa dan bagaimana agama Islam itu’  kepada orang-orang Madinah. Khotbah ini dinyatakan juga dalam beberapa buku sejarah Islam oleh banyak otoritas Islam dan diterima dengan suara bulat tanpa ragu. Dari tujuh poin yang disampaikan dalam khotbah Nabi saw tersebut adalah sebagai berikut:

  • Untuk menjadi setia dan taat kepada Allah swt
  • Setelah memeluk Islam, seharusnya sudah tidak ada lagi ada       melakukan pencurian dalam hidup Anda.
  • Komitmen perzinahan atau pelecehan seksual apa pun tidak dapat diterima dalam Islam.
  • Tidak ada lagi manusia yang bisa dibunuh.
  • Tidak ada lagi melakukan tuduhan palsu terhadap siapa pun.
  • Tidak ada fitnah untuk siapa pun.
  • Praktekkanlah semua yang baik dan menjauhkan diri dari setiap kejahatan. [1]

Di antara tujuh poin tersebut diatas hanya satu poin yang menyatakan masalah agama - kepercayaan mendasar Islam yaitu “Untuk menjadi setia dan taat kepada Allah swt dari semua poin yang ada. Enam poin lainnya menekankan kepada mereformasi dan memperbaiki perilaku moral kehidupan manusia.

Poin-poin tersebut bertujuan melindungi manusia dari semua jenis kejahatan sosial. Enam tersebut bersifat duniawi - hasil buah dari kepercayaan mendasar pengajaran Islam dalam masalah kehidupan di dunia.

Nabi Muhammad saw memberikan tabligh umum resmi pertama setelah hijrah ke Madinah dari Makkah yang sebelumnya sempat beberapa hari tinggal di Quba dan mendirikan masjid Quba. Desa Quba berada diluar kota Madinah. Setibanya di Madinah pada hari Jumat pertama di Masjid Madinah (sebelumnya juga di Masjid Quba) Nabi saw dalam tabligh tersebut menyebutkan yang intinya ada 7 poin yaitu:

Sembahlah Allah Subhana wa Ta’ala.
• Anda harus jujur ​​dalam hidup Anda.
• Cintai semua orang di masyarakat Anda.
• Memenuhi janji dan komitmen yang Anda buat.
• Bedakan antara yang benar dan yang melanggar hukum dalam
   hidup Anda.
Berperilaku baik dengan orang lain. [2]


Sebab Nabi saw Hijrah

Nabi saw setelah mendapat ancaman pembunuhan dan sebelumnya penyiksaan yang membuatnya terpaksa hijrah ke Madinah, karena perlakuan kasar dan jahat orang-orang Makkah terhadap Beliau saw. Kendatipun begitu Nabi saw dalam tablighnya tidak pernah menyebutkan  tentang balas dendam apa pun kepada orang-orang Makkah, tetapi sebaliknya ia berbicara dalam masalah yang berkaitan dengan kasih sayang, perdamaian, dan kemanusiaan di antara orang-orang Madinah.


Nabi saw membuat Konstitusi Madinah

Untuk menyusun bangunan masyarakat yang teratur, damai dan saling menghargai sesama yang diperlukan untuk membangun peradaban, maka perlu diatur dalam suatu peraturan yang mengikat dan disetujui bersama yang berisi hak dan kewajiban warganya demi keselamatan, keamanan bagi semua.

Untuk melaksanakan hal-hal yang disebutkan itu Rasulullah saw berkeingan yang tentunya diharapkan semua warga agar tertib, aman, dan menyatukan semua sebagai warga yang berperadaban. Untuk itu diperlukan sebuah aturan-aturan bagi warga Madinah yang beragam kabilah, suku bangsa dan kepercayaan yang dalam kenyataan sebelumnya saling bertikai dan perang memerangi. Maka disusunlah oleh Rasulullah saw Konstitusi Madinah atau disebutkan juga Piagam Madinah atau Madinah Charter.

Konstitusi Madinah [3] atau Piagam Madinah,  baca (klik --->) Piagam Madinah yang ditulis pertama kali di dunia, disusun oleh Nabi Muhammad saw dan dideklarasikannya kepada orang-orang Madinah yang terdiri dari pendatang Makkah (Muhajirin), Muslim lokal (Anshar), orang-orang Yahudi yang tinggal di Madinah, dan non-Yahudi lainnya.


PENUTUP

B
egitu jenius Rasulullah saw ini dalam menyusun Konsitusi Madinah yang diterima warga Madinah dimana beliau menjadi ‘Kepala Negara’-nya, baca (klik --->) Rasul, Tokoh Yang Mempengaruhi Dunia. Boleh jadi hasil dari pelajaran yang diambil dari pengalaman hidupnya selama 53 tahun tinggal di Makkah dan pembelajaran (iqra’, membaca) keadaan masyarakat Makkah, kemudian menggabungkannya dengan yang diperolehnya dari wahyu yang diturunkan kepadanya selama 13 tahun.


Pertanyaan Untuk Masa Kini

Apakah kita sebagai personal (individu) dalam bermasyarakat dan bernegara juga telah merasakan dalam kehidupan keseharian kita seperti hal-hal sebagai berikut:

• Anda harus jujur ​​dalam hidup Anda
  You should be truthful in your life
• Cintai semua orang di masyarakat Anda (komunitas)
  Love everyone in your society (community)
• Memenuhi janji dan komitmen yang Anda buat
  Fulfill the promise and commitments you make
• Bedakan antara halal dan melanggar hukum dalam hidup Anda
  Differentiate between lawful and unlawful in your life
• Untuk berperilaku baik dengan orang lain
  To behave in a good manner with others.

Jawabannya penulis serahkan kepada sidang pembaca blog ini. Kalau sudah Alhamdulillah, kalau belum bagaimana usaha kita menuju kesana? Billāhit Taufiq wal-Hidāyah.[Bersambung] □ AFM



Islam dan Modernisasi (klik ->)   (I)   (II)   (III)   (IV)   (V)   (VI)



Catatan Kaki:
[1] Ibn-Hisham, As-Sirat-Un-Nabawiyyah, vol: 2; pg: 281
[2] Ibn-Hisham, As-Sirat-Un-Nabawiyyah, vol: 3; pg: 30
[3] Konstitusi Negara Islam Madinah. Konstitusi Tertulis Pertama dalam Sejarah Manusia - https://afaisalmarzuki.blogspot.com/2015/10/piagam-madinah.html  □□


Sumber:
The Truth About Islam www.twf.org
Piagam Madinah □□□

Blog Archive