Tuesday, October 6, 2015

Misteri Dan Khasiat Air Zam Zam II






A
ir Zam Zam merupakan air yang terdapat di tanah suci Makkah, Arab Saudi. Air ini hampir selalu dijadikan oleh-oleh para jemaah haji yang pulang ke tanah air. Air Zam Zam sangat dipercaya dapat membawa berkah bagi siapa saja yang meminumnya, juga sangat diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Para jamaah haji yang meminum air Zam Zam sendiri juga menyatakan bahwa setelah minum air Zam Zam, sangat terasa kesegaran yang luar biasa. Sehat bagi tubuh dan sehat bagi jiwa dan spiritual manusia. Terutama yang berkunjung ke Baitullah di Makkah Al-Mukarramah ini.


Keutamaan Dan Khasiat Air Zam Zam

   Dari penjelasan Rasulullah  dan para ulama dapat diketahui, bahwa air Zam Zam memiliki barakah dan keutamaan. Di antara dalil-dalil yang menunjukkan keutamaan air Zam Zam dapat disebutkan sebagai berikut:

   “Dari Jabir dan Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam bersabda, ”Air Zam Zam, tergantung niat orang yang meminumnya.”

   Ibnu Taimiyyah berkata, ”Seseorang disunnahkan untuk meminum air Zam Zam sampai benar-benar kenyang, dan berdo’a ketika meminumnya dengan do’a-do’a yang dikehendakinya. Tidak disunnahkan mandi dengannya (menggunakan air Zam Zam).”

   Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam bersabda: “Air Zam Zam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya. Air Zam Zam adalah galian Jibril, dan curahan minum dari Allah kepada Ismail.”

   Dari Abi Thufail, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam bersabda: ”Kami menyebut air Zam Zam dengan Syuba’ah (yang mengenyangkan). Dan kami juga mendapatkan, air Zam Zam adalah sebaik-baik pertolongan (kebutuhan atas kemiskinanan)”. [HR Tabrani]

   “Dari Usamah, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam meminta untuk didatangkan segantang air Zam Zam, kemudian beliau meminumnya dan berwudhu’ dengannya” [HR Ahmad]

   “Disebutkan dalam Silsilah Shahihah, adalah Rasululllah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam membawa air Zam Zam di dalam kantong-kantong air (yang terbuat dari kulit). Beliau menuangkan dan membasuhkannya kepada orang yang sedang sakit”.

   Tatkala Jibril memukul Zam Zam dengan tumit kakinya, Ummi Ismail segera mengumpulkan luapan air. Nabi Shallallahu ‘Alayhi Wasallam berkata, ”Semoga Allah merahmati Hajar - Ummu Ismail. Andai ia membiarkannya, maka akan menjadi mata air yang menggenangi (seluruh permukaan tanah).”

   “Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”

   Abu Dzar al Ghifari berkata, ”Selama 30 hari, aku tidak mempunyai makanan kecuali air Zam Zam. Aku menjadi gemuk dan lemak perutku menjadi sirna. Aku tidak mendapatkan dalam hatiku kelemahan lapar.”

   “Dari Hammam, dari Abi Jamrah ad-Duba’i, ia berkata: “Aku duduk bersama Ibnu ‘Abbas di Mekkah, tatkala demam menyerangku. Ibnu ‘Abbas mengatakan, dinginkanlah dengan air Zam Zam, karena Rasulullah mengatakan, sesungguhnya demam adalah dari panas Neraka Jahannam, maka dinginkanlah dengan air atau air Zam-Zam”.

   Dari ‘Aisyah, ia membawa air Zam Zam. Ia mengabarkan, sesungguhnya dahulu Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam membawanya (sebagai bekal - tambahan keterangan dari penulis).

   Ibnul Qayyim berkata,”Aku dan selain diriku telah megalami perkara yang ajaib tatkala berobat dengan air Zam Zam. Dengan izin Allah, aku telah sembuh dari beberapa penyakit yang menimpaku. Aku juga menyaksikan seseorang yang telah menjadikan air Zam Zam sebagai makanan selama beberapa hari, sekitar setengah bulan atau lebih. Ia tidak mendapatkan rasa lapar, ia melaksanakan thawaf sebagaimana manusia yang lain. Ia telah memberitahukan kepadaku bahwa, ia terkadang seperti itu selama empat puluh hari. Ia juga mempunyai kekuatan untuk berjima’, berpuasa dan melaksanakan thawaf”.

Beliau Rahimahullah berkata,”Ketika berada di Mekkah, aku mengalami sakit dan tidak ada tabib dan obat (yang dapat menyembuhkannya). Akupun mengobatinya dengan meminum air Zam Zam dan membacakan atasnya berulangkali (dengan al-Fatihah), kemudian aku meminumnya. Aku mendapatkan kesembuhan yang sempurna. Akupun menjadikannya untuk bersandar ketika mengalami rasa sakit, aku benar-benar banyak mengambil manfaat darinya.”

   Demikian penjelasan singkat tentang air Zam Zam. Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi Wasallam telah memberitahukan kepada kita dan membenarkan khasiat dan keutamaan air yang tak pernah kering tersebut, meskipun setiap hari diambil oleh banyak manusia. Dengan mengetahui secara sepintas air Zam Zam ini, maka hendaknya dapat meningkatkan dan memperkuat sandaran dan ketergantungan kita kepada Allah Azza wa Jalla. Dia-lah yang Maha Penguasa mengatur segala yang Ia kehendaki.

   Keyakinan bahwa air Zam Zam penuh berkah serta sabda Rasulullah Shallallah Alayhi Wasallam mengenai manfaat Zam Zam telah terbukti secara ilmiah. Berdasarkan beberapa penelitian, ditemukan bahwa selain air Zam Zam tidak berbau sebagai salah satu indikator air sehat, air tanah suci ini juga terbukti memiliki kandungan mineral kalsium, magnesium, dan fluorida yang tinggi. Air Zam Zam dikatakan memiliki muatan ion-ion yang seimbang. Sebuah penelitian lainnya menyebutkan bahwa kualitas air Zam Zam tidak berubah selama penyimpanan dalam jangka waktu lama dan ditempatkan di mana pun, ditilik dari tekstur, warna, dan baunya.


Kelebihan Dari Air Zam Zam

   Kandungan kalsium dan magnesium air Zam Zam apabila dibandingkan dengan air konsumsi yang biasa kita minum relatif jauh lebih tinggi. Kalsium di dalam tubuh berfungsi dalam pembentukan tulang dan gigi. Selain itu juga berperan penting di dalam reaksi pembekuan darah, di mana reaksi ini sangat diperlukan selama proses penutupan luka dan penghentian aliran darah saat terjadi pelukaan. Manfaat kalsium yang lain adalah sebagai media untuk terjadinya respon hormonal dan juga berfungsi sebagai salah satu katalisator kerja enzim.

   Untuk ibu hamil dan menyusui, keberadaan kalsium dalam nutrient yang dikonsumsi sangat membantu pembentukan otak, tulang serta sel-sel darah merah di dalam tubuh janin yang dikandungnya. Kalsium juga memiliki peran yang sangat besar untuk menurunkan tekanan darah, serta memiliki kemampuan mengikat kolesterol. Sehingga diet yang mengandung kalsium sangat menguntungkan.

   Adapun magnesium merupakan mineral prima pengikat ion fosfat di dalam tubuh. Mineral magnesium yang berikatan dengan fosfat ini berperan di dalam proses metabolisme yang menghasilkan tenaga. Kebutuhan akan magnesium di dalam tubuh individu berkisar antara 300 sampai 450 mg perhari.

   Kekurangan magnesium dapat menimbulkan terjadinya kelelahan yang bersifat kronis, kekurangan energi, menurunnya respon imun baik seluler maupun humoral di mana respon imun tersebut sangat utama di dalam perlindungan tubuh terhadap penyakit, akibat luas dari kekurangan magnesium terhadap tubuh adalah kerentanan tubuh terhadap serangan penyakit. Selain itu defisiensi magnesium juga dapat memicu terjadinya stres.

   Ion fluor merupakan salah satu ion penting yang mempunyai peranan sebagai antibiotik. Oleh karena itu sebagian besar produk pasta gigi mengedepankan adanya kandungan fluorida di dalam kemasannya yang difungsikan untuk menangkis timbunan bakteri penyebab plak gigi.

   Air Zam Zam yang terbukti mempunyai kandungan fluorida yang cukup tinggi sudah pula diteliti kemampuannya menekan pertumbuhan koloni bakteri yang sengaja dibiakkan pada media penumbuh bakteri. Kerja fluorida sebagai antimikroba ini didasari oleh kemampuan senyawa ini di dalam menghambat kerja enolase, yaitu suatu enzim glikolitik yang mengubah 2-fosfogliserat menjadi fosfoenolpiruvat. Enzim ini merupakan enzim yang berperan di dalam metabolisme pertumbuhan mikroba secara umum.

   Penelitian dari Universitas Yokohama, Jepang yang diketuai Dr. Masaru Emoto membeberkan bahwa Keajaiban air Zam-Zam tidak tertandingi, termasuk air termurni di Kutub Utara dan Selatan sekali pun.

Dalam penelitiannya Dr. Emoto menjelaskan bahwa kandungan fluoride yang terkandung pada Zam Zam daya efektif membunuh kuman dan membuat air Zam Zam seolah sudah mengandung obat.  “Banyaknya fluoride, kalsium dan garam pada air Zam Zam dapat efektif untuk membunuh kuman, dan perlu diketahui bahwa air Zam-Zam memiliki bentuk molekul berbeda dibandingkan dengan air mineral lainnya”, paparnya.

Dari hasil itu lalu Dr. Emoto menambahkan bahwa kandungan mineral lebih banyak pada air Zam Zam dari pada air mineral lainnya, maka dari itu air Zam Zam sangat menyegarkan bagi jamaah yang kelelahan.

   Kehebatan lain adalah sumur air  Zam Zam tidak pernah ditumbuhi lumut, padahal di seluruh dunia sumur mana pun  selalu ditumbuhi lumut dan tumbuhan mikro organisme.

   Berdasarkan berbagai pembuktian-pembuktian tersebut di atas, menunjukkan bahwa betapa besarnya manfaat air Zam Zam bagi kesehatan tubuh kita. Selain mengandung beberapa mineral penting bagi tubuh, Zam-Zam juga bersifat steril dengan adanya kandungan fluorida yang memiliki sifat antimikroba dalam jumlah yang proporsional serta tidak memberikan dampak meracuni bagi tubuh.

   Dari materi uraian Misteri dan Khasiat Air Zam Zam I dan Misteri dan Khasiat Air Zam Zam II tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa air Zam Zam merupakan air barokah dari Allah Yang Mahakasih lagi Mahasayang bagi para pengunjung Baitullah di Makkah Al-Mukarramah sebagaimana yang dimohonkan oleh Nabi Ibrahim Alayhis Salam dalam do'anya ketika hendak meninggalkan istrinya, Hajar bersama anaknya, Ismail, di lembah Bakkah. Dengan itu, air Zam Zam ini baik secara spiritual, juga baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa manusia. Subhanallah! [Tamat] □ AFM


Sumber:
https://www.facebook.com/nabiAllah.2/posts/509240072459658
http://www.bacathok.com/2015/01/kenapa-air-zam-zam-tak-pernah-habis.html
https://herbahamdalah.wordpress.com/
rindusunnah.com, forumjualbeli.net

Blog Archive