Friday, June 19, 2015

Pahala Puasa dan Shalat Malam Ramadhan 1





PENDAHULUAN

T
ema tulisannya membicarakan 'Pahala Puasa dan Shalat Malam di Bulan Ramadhan' dibagi dalam tiga bagian. Kali ini adalah Sepertiga-Pertama Bulan Ramadhan, yakni mulai 1 Ramadhan sampai 10 Ramadhan.

Isinya menarik sekali dan memotivasi kita dalam beribadah puasa, setelah membacanya. Didalamnya berisi fadhilah-fadhilah dari setiap hari melakukan puasa dan shalat malam (dan atau tarawih). Hari demi hari, ada fadhilahnya dalam melakukan puasa. Demikian pula hari demi hari dari melakukan ibadah shalat malam, ada pahala-pahalanya.



PAHALA PUASA DAN SHALAT MALAM
1 RAMADHAN S/D 10 RAMADHAN


Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Sekiranya kalian mengetahui apa yang akan kamu dapatkan di bulan Ramadhan, niscaya kamu akan menambah rasa syukur kalian kepada Allah Subhana wa Ta’ala”.


PADA MALAM KE-1 RAMADHAN

Allah Subhana wa Ta’ala mengampuni semua dosa yang tersembunyi dan yang terang-terangan, meninggikan beribu-ribu derajat, membangunkan untuk kalian lima puluh ribu kota di surga.

Keutamaan Shalat tarawih pada malam ke-1: Orang mukmin keluar dari dosanya, seperti ia dilahirkan oleh ibunya.


PADA HARI KE-2 RAMADHAN

Allah Subhana wa Ta’ala mencatat setiap ibadah kalian seperti ibadah satu tahun dan pahalanya seperti pahala seorang nabi, mencatat puasa kalian seperti puasa satu tahun.

Shalat tarawih pada malam ke-2: Ia diampuni, dan juga kedua orangtuanya jika mereka muslim.


PADA HARI KE-3 RAMADHAN

Allah Subhana wa Ta’ala memberi kalian setiap rambut di tubuh kalian taman permata yang indah di surga Firdaus, di atasnya dua belas ribu rumah dari cahaya, di bawahnya dua belas ribu tempat tidur dan di setiap tempat tidur ada bidadari, setiap hari seribu malaikat berkunjung dan setiap malaikat membawa hadiah untuk kalian.

Shalat tarawih pada malam ke-3: Seorang malaikat berseru di bawah ‘Arsy, “Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat”.


PADA HARI KE-4 RAMADHAN

Allah memberi kalian di surga Khuld tujuh puluh ribu istana dan di setiap istana terdapat tujuh puluh ribu rumah, di setiap rumah terdapat lima puluh ribu tempat tidur dan di setiap tempat tidur terdapat bidadari, dan setiap bidadari memiliki seribu perhiasan yang lebih baik dari dunia dan segala isinya.

Shalat tarawih pada malam ke-4: “Ia memperoleh pahala seperti pahala membaca kitab Taurat, Zabur, Injil dan Furqan (Al-Quran)”.


PADA HARI KE-5 RAMADHAN

Allah Subhana wa Ta’ala memberi kalian di surga Al-Ma’wa beribu-ribu kota, setiap kota terdapat seribu rumah, di setiap rumah terdapat seribu meja makan, di atas setiap meja makan tujuh puluh ribu tempat makanan, di setiap tempat makanan tujuh puluh macam makanan yang tidak sama satu dengan yang lain.

Shalat tarawih pada malam ke-5: Allah Subhana wa Ta’ala memberikan pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjidil Haram, Masjid Madinah dan Masjidil Aqsha.


PADA HARI KE-6 RAMADHAN

Allah Subhana wa Ta’ala memberi kalian di surga Darussalam seratus ribu kota, di setiap kota seratus perkampungan, di setiap perkampungan seratus ribu rumah, di setiap rumah seratus ribu tempat tidur dari emas yang panjang, setiap tempat tidur panjangnya seribu hasta, di atas tempat tidur terdapat bidadari sebagai pasangan yang berhias dengan tiga puluh ribu perhiasan dari permata putih dan permata merah, dan setiap bidadari membawa seratus pelayan.

Shalat tarawih pada malam ke-6: Allah Subhana wa Ta’ala memberikan pahala seperti orang yang ber-thawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.


PADA HARI KE-7 RAMADHAN


Allah Subhana wa Ta’ala memberi kalian di surga Na’im pahala seperti pahala seribu syuhada’ dan empat puluh ribu orang yang benar.

Shalat tarawih pada malam ke-7: Seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa as dan kemenangannya atas Fir’aun dan Haman.


PADA HARI KE-8 RAMADHAN

Allah Subhana wa Ta’ala memberi kalian pahala seperti pahala amal enam puluh ribu ahli ibadah dan orang enam puluh ribu orang yang zuhud.

Shalat tarawih pada malam ke-8: Allah Subhana wa Ta’ala memberikan apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahim as.


PADA HARI KE-9 RAMADHAN

Allah ‘Azza wa Jalla memberi kalian apa yang diberikan kepada seribu ulama, seribu orang yang i’tikaf, dan seribu orang yang menyambung tali persaudaraan.

Shalat tarawih pada malam ke-9: Seolah-olah ia beribadah pada Allah Subhana wa Ta’ala sebagaimana ibadahnya Nabi Muhamad saw.


PADA HARU KE-10 RAMADHAN

Allah ‘Azza wa Jalla memenuhi tujuh puluh ribu hajat, dan memohonkan ampunan untuk kalian matahari, bulan, bintang-bintang, binatang yang melata, burung, binatang buas, setiap bebatuan dan bongkahan tanah liat, setiap yang kering dan yang basah, setiap binatang di laut dan dedaunan di pepohonan.

Shalat tarawih pada malam ke-10: Allah Subhana wa Ta’ala mengaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat

Bersambung ke bagian ke-2 dari tiga bagian dari Tema: Pahala Puasa dan Shalat Malam Ramadhan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wallahu ‘alam bish-shawab, billahit Tufiq wal-Hidayah. □ AFM

Uraian ini dapat diikuti dengan mengklik “bagian angka” yang bersangkutan dari tiga bagian tulisan ini.  --> Bagian-1  --> Bagian-2  -->  Bagian-3



Sumber:
●Puasa: Hadits ini diriwayatkan dari Muhammad bin Ibrahim, dari Ahmad bin Matuwiyah Al-Jurjani, dari Ahmad bin Abdullah, dari Sofyan bin ‘Ayniyah, dari Muawiyah bin Abi Said, dari Said bin Jubair, dari Ibnu Abbas. (Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 81-86)
●Tarawih: Dari Ali bin Abi Thalib ra, bahwa dia berkata: “Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam pernah ditanya tentang keutamaan -keutamaan Shalat Tarawih di bulan Ramadhan, kemudian Beliau bersabda:” (seperti diatas)

Diangkat dari sumbernya: Alya Badi’ah Balqis’, Kata Mutiara, Kata Bijak. □□

Blog Archive