Saturday, June 20, 2015

Pahala Puasa dan Shalat Malam Ramadhan 2








PENDAHULUAN

T
ema tulisannya membicarakan 'Pahala Puasa dan Shalat Malam di Bulan Ramadhan' dibagi dalam tiga bagian. Kali ini adalah Sepertiga-Kedua Bulan Ramadhan, yakni mulai 11 Ramadhan sampai 20 Ramadhan.

Isinya menarik sekali dan memotivasi kita dalam beribadah puasa, setelah membacanya. Didalamnya berisi fadhilah-fadhilah dari setiap hari melakukan puasa dan shalat malam (dan atau tarawih). Hari demi hari, ada fadhilahnya dalam melakukan puasa. Demikian pula hari demi hari dari melakukan ibadah shalat malam, ada pahala-pahalanya.


PAHALA PUASA DAN SHALAT MALAM
11 RAMADHAN S/D 20 RAMADHAN


Ibnu Abbas berkata bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam bersabda:

“Sekiranya kalian mengetahui apa yang akan kamu dapatkan di bulan Ramadhan, niscaya kamu akan menambah rasa syukur kalian kepada Allah Subhana wa Ta’ala”.


PADA HARI KE-11 RAMADHAN

Allah ‘Azza wa Jalla mencatat untuk kalian pahala seperti pahala empat kali orang yang haji dan umrah, setiap yang haji bersama seorang Nabi, dan setiap yang umrah bersama orang yang benar dan yang syahid.

Shalat tarawih pada malam ke-11: Ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.


PADA HARI KE-12 RAMADHAN

Allah ‘Azza wa Jalla menjadikan bagi kalian keimanan yang dapat merubah keburukan-keburukan menjadi kebaikan-kebaikan yang berlipat-ganda, dan mencatat bagi kalian setiap kebaikan seribu kebaikan.

Shalat tarawih pada malam ke-12: Ia datang pada hari Kiamat sedang wajahnya bagaikan bulan di malam purnama.


PADA HARI KE-13 RAMADHAN

Allah ‘Azza wa Jalla mencatat bagi kalian pahala seperti pahala ibadah penduduk Mekkah dan Madinah, dan Allah memberi kalian syafaat sejumlah bebatuan dan bongkahan tanah liat yang ada di antara Mekkah dan Madinah.

Shalat tarawih pada malam ke-13: Ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.


PADA HARI KE-14 RAMADHAN

Kalian seperti berjumpa dengan Nabi Adam, Nuh, Ibrahim, Musa, Dawud dan Sulaiman, dan seperti beribadah kepada Allah ‘Azza wa Jalla bersama setiap Nabi selama dua ratus tahun.

Shalat tarawih pada malam ke-14: Para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya bahwa ia telah melakukan Shalat Tarawih, maka Allah Subhana wa Ta’ala tidak akan menghisabnya pada hari kiamat nanti.


PADA HARI KE-15 RAMADHAN

Allah ‘Azza wa Jalla menunaikan untuk kalian hajat-hajat dunia dan akhirat, memberi kalian apa yang diberikan kepada Nabi Ayyub; para malaikat pemikul Arasy memohonkan ampunan untuk kalian; dan pada hari kiamat Allah ‘Azza wa Jalla akan memberi kalian empat puluh cahaya, sepuluh cahaya dari sebelah kanan kalian, sepuluh dari sebelah kiri kalian, sepuluh dari depan kalian, dan sepuluh cahaya dari belakang kalian.

Shalat tarawih pada malam ke-15: Ia di Do’a kan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) ‘Arsy dan Kursi.


PADA HARI KE-16 RAMADHAN

Allah Subhana wa Ta’ala akan memberi kalian pada hari kalian dibangkitkan dari kubur enam puluh pakaian untuk kalian pakai, enam puluh onta untuk kalian kendarahi, dan Allah Subhana wa Ta’ala mengirimkan awan untuk menaungi kalian dari sengatan panas hari itu.

Shalat tarawih pada malam ke-16: Allah Subhana wa Ta’ala menerapkan baginya kebebasan untuk selamat dari Neraka dan Kebebasan Masuk ke dalam Surga (Jannah).


PADA HARI KE-17 RAMADHAN

Allah ‘Azza wa Jalla menyatakan: “Sungguh Aku telah mengampuni mereka dan bapak-bapak mereka, Aku akan lindungi mereka dari azab hari kiamat”.

Shalat tarawih pada malam ke-17: Ia diberi pahala seperti pahala para Nabi.


PADA HARI KE-18 RAMADHAN

Allah ‘Azza wa Jalla memerintahkan malaikat Jibril, Mikail, Israfil, malaikat pemikul Arasy dan Al-Karubin agar memohonkan ampunan untuk ummat Muhammad saw sampai tahun berikutnya, dan Allah ‘Azza wa Jalla memberikan pada kalian pahala para syuhada’ Badar.

Shalat tarawih pada malam ke-18: Seorang Malaikat berseru: “Hai hamba Allah , sesungguhnya Allah Ridha kepadamu dan kepada Ibu Bapakmu.”


PADA HARI KE-19 RAMADHAN

Semua malaikat langit dan bumi minta izin kepada Tuhannya untuk berziarah ke kuburan kalian setiap hari, dan setiap malaikat membawa hadiah dan minuman untuk kalian.

Shalat tarawih pada malam ke-19: Allah Subhana wa Ta’ala mengangkat derajat-derajatnya di dalam Surga Firdaus.


PADA HARI KE-20 RAMADHAN

Pada suatu hari Allah ‘Azza wa Jalla mengutus kepada kalian tujuh puluh Malaikat untuk menjaga kalian dari setiap setan yang terkutuk; Allah ‘Azza wa Jalla mencatat untuk kalian setiap hari kalian puasa seperti berpuasa seratus tahun; menjadikan parit antara kalian dan neraka; memberi kalian pahala orang yang termaktub dalam Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qu’an; Allah ‘Azza wa Jalla mencatat untuk kalian setiap pena Jibril (as) sebagai ibadah satu tahun; memberikan pada kalian pahala tasbih Arasy dan Kursi; dan memberi pasangan untuk kalian setiap ayat Al-Qur’an seribu bidadari.

Shalat tarawih pada malam ke-20: Allah Subhana wa Ta’ala memberikan pahala seperti pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan Shalihin (Orang-orang Shaleh).

Bersambung ke bagian ke-3 dari tiga bagian dari Tema: Pahala Puasa dan Shalat Malam Ramadhan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Wallahu ‘alam bish-shawab, billahit Tufiq wal-Hidayah. □ AFM

Uraian ini dapat diikuti dengan mengklik “bagian angka” yang bersangkutan dari tiga bagian tulisan ini.  --> Bagian-1  --> Bagian-2  -->  Bagian-3



Sumber:
●Puasa: Hadits ini diriwayatkan dari Muhammad bin Ibrahim, dari Ahmad bin Matuwiyah Al-Jurjani, dari Ahmad bin Abdullah, dari Sofyan bin ‘Ayniyah, dari Muawiyah bin Abi Said, dari Said bin Jubair, dari Ibnu Abbas. (Fadhail Al-Asyhur Ats-Tsalatsah: 81-86)
●Tarawih: Dari Ali bin Abi Thalib ra, bahwa dia berkata: “Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam pernah ditanya tentang keutamaan -keutamaan Shalat Tarawih di bulan Ramadhan, kemudian Beliau bersabda:” (seperti diatas)

Diangkat dari sumbernya: Alya Badi’ah Balqis’, Kata Mutiara, Kata Bijak. □□

Blog Archive