TATANAN
MASYARAKAT
DALAM
AL-QUR'AN (VII)
Belajar
Dari Adanya Perbedaan Pendapat
Oleh: A. Faisal Marzuki
PERBEDAAN PENDAPAT
P
|
erbedaan pendapat adalah suatu keniscayaan. Suka
tidak suka perbedaan ini selalu hadir. Yang jadi masalah adalah bagaimana cara
kita menyikapinya. Apakah membawa perpecahan. Atau justru membawa kemajuan.
Kemajuan yang signifikan yang luar biasa, karena disana ada hikmahnya dari
gerak dinamis dalam bersosial kemasyarakatan dalam berbangsa.
Nah, dengan memahami ayat 93 dari Surah An-Nahl
sebagai gambaran indikatornya. Tahulah kita sekarang bahwa Al-Qur’an dengan
segala isi dalam bentuk ayat-ayat inilah yang diperintahkan Allah ‘Azza wa Jalla yang akan membimbing
kehidupan kita ke jalan keselamatan. Dalam bahasan sekarang ini adalah
kehidupan dalam bersosial kemasyarakat.
Redaksi gambaran ayatnya sebagai berikut, “wa law syā-alLāhu laja’alakum ummataw wāhidatan ● walākiy
yudhillu mayyasyā-u ● wa yahdī may yasyā-u ● wa latus-alunna ‘ammā kuntum
ta’malūna”. Artinya: Dan jika Allah
menghendaki, niscaya Dia menjadikan kamu satu umat (saja), ● tetapi Dia
menyesatkan siapa yang Dia kehendaki ●dan memberi petunjuk kepada siapa yang
Dia kehendaki. ●Tetapi kamu pasti akan ditanya tentang apa yang telah kamu
kerjakan. [QS An-Nahl 16:93]
Ada sebuah pepatah lama menyatakan: “Rambut sama
hitam, tetapi pendapat berlainan". Artinya dengan itu cikal-bakal adanya
perbedaan pendapat selanjutnya ditulis 'kebebasan berfikir' telah ada. Tentunya
bukan bebas yang semau-maunya, tapi bertujuan mencari yang kebih baik dari
pemikiran-pemikiran yang ada.
Hal tersebut sekarang malah menjadi barang biasa
pada gelombang ke-3 sejarah Indonesia (orde reformasi). Tidak demikian
sebelumnya pada gelombang ke-1 (diakhir orde lama), gelombang ke-2 (selama orde
baru). Orde reformasi siapa saja bebas berbicara semuanya, kalau mau. Apalagi
masyarakat Indonesia dan keturunannya yang tinggal di Amerika Serikat ini,
menikmati betul. Hidup kesehariannya seperti itu. Demikianlah ciri-ciri manusia
di dunia moderen ini. Konon demikianlah 'takdir' manusia hidup di bumi yang
fana (sementara) ini.
Yang menjadi persoalan disini dari anak, cucu, cicit dan cicit-cicit seterusnya dari keturunan Adam as - kita ini adalah 'sebab' dari berlainan pendapat dalam alam 'kebebasan berfikir' ini membawa 'akibat' kepada kebaikan atau keburukan? Membangun atau merusak tatanan masyrakat yang sudah susah payah memerjuangkannya selama tiga setengah abad untuk dapat merdeka dan berdaulat di negeri sendiri. Suatu bilangan tahunan yang amat fantastic lamanya bukan main.
Mari lihat dengan seksama melalui kacamata azaz manfaat. Kebaikan, yaitu membangun, untuk kemashalatan bersama. Dengan itu, indah dan kokohlah tatanan masyarakat itu. Sebaliknya keburukan, yaitu terpecah belah yang mungkin menguntungkan yang satu dan merugikan yang lain, bahkan bisa kedua-duanya, merugi. Suatu hal yang catastrophic - malapetaka yang sangat besar. Maka, sia-sialah rencana tatanan masyarakat itu, bagai tanah longsor melorot-lunglai dari pebukitan yang jatuh ke dasar lembah.
Begitulah dilema hidup manusia itu jika tidak jeli dan cerdas dalam menyikapi kebebasan berfikir atau berbeda pendapat kalau tanpa ada melibatkan petunjuk dari ATAS. Perlu diketahui bahwa perkara kebebasan berfikir ini adalah perkara yang sangat besar, dan tidak semata-mata hanya untuk berbangga diri. Hanya kebebasan berfikir saja yang diagung-agungkan, tapi lupa dan hilang ‘akalsehat’ dan ‘akalbudi’ bahwa berfikir itu adalah untuk mencari 'kebenaran' yang menuju ke 'kebaikan'.
Bahwa ada faktor utama lainnya yaitu, Dia
(Allah) Yang Mahatahu. Karena Dia melihat dari ATAS, sebagaimana 'GPS' yang
menunjukkan jalan sampai ke tujuan yang dimaksud. Allah 'RABB' alam semesta.
Allah Pencipta (Master of Mind) dari
ummat manusia. Allah Mahatahu apa yang menjadi kebutuhan manusia yang
sebenarnya. Boleh jadi apa yang menurut manusia baik, tapi menurut Allah tidak.
Sebaliknya boleh jadi apa yang menurut Allah baik, bagi manusia "menyangka
dan merasa" tidak. Carilah hikmahnya (dibalik peristiwa yang ada) wahai
manusia yang bijak lagi cerdas, karena mengguinakan akal sehatnya.
At lease (setidak-tidaknya atau sementok-mentoknya,) adalah, bagi yang mengikuti petunjuk-Nya, hasilnya akan 'pasti' membawa ke keketinggian martabat dan kejayaan umat manusia itu sendiri. Bagi yang mengingkari nikmat-Nya, 'pasti' akibatnya menuju ke lembah kesengsaraan umat manusia itu sendiri." Sebagaimana firman-Nya, “lahā mā kasabat wa ‘alayhā māk-tasabat” Artinya: Dia mendapat (pahala, kenikmatan) dari kebajikan yang dikerjakannya, dan dia mendapat (siksa, kesengsaraan) dari (kejahatan, keburukan) yang diperbuatnya. [QS Al-Baqarah 2:286]
Artinya di sini adalah yang dituntut dari manusia yang melakukan kebebasan berfikir dalam mengemukakan pendapatnya mesti mempunyai tujuan yang baik dan bijak, kemudian dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Kenapa demikian? Karena hasil atau risikonya berpulang kepada manusia juga. Manusia mendapat kenikmatan dari kebaikan yang dikerjakannya (hasil, benefit). Sebaliknya manusia mendapat kesengsaraan dari keburukan yang dilakukannya (keburukan, risiko).
Pangkal surat An-Nahl ayat 93 dalam firma Allah ‘Azza wa Jalla menyebutkan “wa law syā-allāhu laja’alakum ummataw wāhidatan ● walākiy yudhillu mayyasyā-u ● wa yahdī may yasyā-u. Terjemahannya yang penulis ambil dari Buya Hamka, “Dan jikalau Allah menghendaki, niscaya dijadikan-Nya kamu (Wahai manusia! Wahai kaum beriman! Menjadi) semuanya ummat yang satu. Tetapi disesatkan-Nya barang siapa yang dikehendaki-Nya, dan diberi-Nya petunjuk barang siapa yang dikehendaki-Nya.”
Sebagai catatan, sebelumnya perlu dipahami dari
kata: disesatkan-Nya barang siapa yang dikehendaki-Nya dan diberi-Nya petunjuk
barang siapa yang dikehendaki-Nya. Disesatkan-Nya atau diberi-Nya petunjuk
sebelum terjadinya, mesti lebih dulu ada usaha (sebagai 'prima causa') dari manusia itu sendiri.
Yakni: ● ada
niat, ● ada kemauan serta ● ada tekad ● dan setelah itu baru dikerjakan. Disertai
juga adanya perilaku
dan mempunyai pandangan
(paradigma)
serta tujuan yang
jelas. Disamping itu ada dalam rasa hati (dalam do'a) mengharapkan (dan adanya) ridha (blessing) dari
Allah Yang Mahakuasa. Dengan itu petunjuk datang instead
of (daripada) kesesatan yang datang.
Dapatlah kita mengambil pelajaran disini
bahwasanya Allah Ta’ala berkuasa membuat ummat itu menjadi satu. Seperti
halnya: Tidak ada berselisih pendapat; Tidak ada pebedaan yang menjurus kepada
perpecahan; Tidak ada suatu pertikaian yang menjurus kepada baku hantam yang
satu dengan yang lainnya. Tapi itu
semua tidak serta-merta (secara instan) untuk
mendapatkannya.
Kenapa demikian? Karena di diri manusia dalam berfikir (pada awalnya) dikendalikan oleh adanya rasa melindungi dan mempertahankan “kepentingan diri sendiri atau kelompoknya”. Para ahli psychology menyebutkan adanya unsur "Ego" atau "Aku" dalam diri jiwa manusia. Demikianlah Allah Ta’ala mentakdirkan bahwa fikiran manusia 'dalam keadaan itu' (menjadi) tidak sama dalam Ego masing-masing dari diri manusia.
Dijelaskan oleh firman-Nya bahwa dalam berfikirnya itu ada yang sesat (negatif), yaitu hanya untuk diri atau kelompoknya saja yang difikirkan disatu pihak. Dilain pihak, ada yang mendapat petunjuk (positif), yaitu memikirkan kemashlahatan bersama. Di sini terjadilah ujian yang sangat pelik dan berat dari 'kebebasan berpikir itu'. Baik atau tidaknya hasilnya tergantung dari penggunaan timbangan azaz manfaat. Kalau tidak, maka akan timbul hasil yang tidak diharapkan, yaitu pergesekan dan pertentangan di antara satu sama lainnya demi diri (kelompok). Padahalnya yang diharapkan itu adalah untuk (persatuan) bagi kemashlahatan (bersama) sebagai manusia 'Sosial' ketimbang manusia 'Ego'.
Dalam diri manusia sebenarnya, disamping ada takdir 'Ego', ada pula takdir 'Sosial', yaitu hidup bermasyarakat. Sebenarnya keselamatan 'Ego' bergantung kepada relasi baik antar sesama 'Ego' lainnya. Oleh karena itu hakekat yang sebenarnya tentang manusia itu pada dasarnya adalah sebagai makhluk sosial, yakni melakukan relasi (hubungan sesama 'Ego') dalam persatuan bagi kemashlahatan bersama sebagaimana maksud firman-Nya dalam surat An-Nahl ayat 93 (seperti diatas itu).
Mencapai kepada ummat yang
(menjadi) satu 'yang damai' itu sangat perlu adanya ‘latihan’ (pembelajaran)
dari 'takdir Ego' menjadi mampu hidup di dalam 'takdir Sosial'. Perangkat
keberhasilannya adalah komunikasi dan relasi dalam semangat lita'ārafū [1] (saling kenal
mengenal, saling hormat menghormati, respect each others).
Dibarengi pula dengan adanya kemampuan dalam menahan diri (pengendalian 'Ego',
sabar, dan toleransi). Demikianlah perjalanan diri manusia dalam bersosial akan
selalu diuji, dan di uji lagi, dan seterusnya. Nah, keberhasilan dari
pembelajaran (ujian) itu membuat diri dalam bermasyarakat, bernegara,
berbangsa, berantar bangsa (menjadi) matang (mature).
Kemudian surat An-Nahl ujung ayat 93 itu
dilanjutkan “wa latus-alunna ‘ammā kuntum ta’malūna”. Terjemahannya yang penulis ambil dari
Buya Hamka, “Dan
sesungguhnya kamu (Wahai manusia! Wahai kaum beriman!) akan ditanya atas barang
sesuatu yang kamu kerjakan.”
Kamu, Wahai Manusia! Wahai kaum beriman! Apakah
engkau laksanakan petunjuk seperti yang Aku berikan pada penggal ayat
sebelumnya yaitu barangsiapa yang menuruti petunjuk-Ku berbahagialah engkau,
wahai manusia! Jika engkau ingkar dari petunjuk-Ku, sesatlah engkau, wahai
manusia!
PILIHAN YANG BIJAK DAN BENAR
DAN CARA-CARANYA BERPEDOMAN
KEPADA PENJELASANNYA SERTA
PETUNJUK-NYA
T
|
erserah pilihanmu sendiri. Namun yang
jelas setiap apa saja yang kamu lakukan itu akan ditanya-Nya. Satupun tidak ada
yang luput dari pengawasan-Nya. Ingatlah! Allah ‘Azza wa Jalla telah memberikan nikmat-nikmatnya bagi manusia agar
dipergunakan dengan sebaik-baiknya sebagai alat untuk memudahkan mencapai
tujuan yang dimaksud sebagai berikut:
● Allah beri hati, mata dan telinga bagi manusia. “Dan sungguh, akan Kami isi neraka Jahanam banyak
dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki HATI, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah), dan mereka
memiliki MATA (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (petunjuk-petunjuk atau tanda-tanda
dari kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai TELINGA
(tetapi) tidak dipergunakannya untuk
mendengar (petunjuk-petunjuk dari ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan
ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah.” [QS
Al-A’rāf 7:179].
“Dia
yang mengadakan pendengaran, penglihatan dan hati untuk kamu (agar dapat
dipergunakan dengan sebaik-baiknya)”. [QS Al-Mu’minun
23:78].
Telinga sebagai alat bantu untuk mendengar berita
mana yang benar, mana yang tidak. Mendengar berita mana yang baik, mana yang tidak;
Mata sebagai alat bantu untuk melihat mana yang baik, mana yang tidak. Melihat
mana kejadian yang sebenarnya, mana yang
dibuat-buat yang seolah-olah benar. Telinga sebagai alat bantu untuk mendengar berita mana
yang baik, mana yang tidak. Mana berita yang benar dan mana yang berita bohong
yang dibuat seolah-olah benar. Indra dan kesadaran bathin (akalbudi) inilah
yang mesti dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk menyaring dan memilah-milah
peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang ada disekitar kita.
● Allah lebihkan manusia dari
kebanyakan makhluk yang diciptakan-Nya. “Kami lebihkan mereka (manusia) dari kebanyakan makhluk
yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna” [QS AL-Isrā’ 17:70].
Karena itu manusia diberi kemampuan untuk
menghadapi dan menangani apa yang menjadi persoalan dalam hidupnya di dunia.
Manusia diberi pula kemampuan untuk mengolah keperluan hidupnya yang berguna selama
hidup di dunia. Begitulah kasih sayang Allah kepada makhluk-Nya, Allah telah
menyediakan alam bagi keberlangsungan hidup manusia agar dapat hidup layak
sebagai manusia khalifah-khalifah di bumi. Diberi pula akalsehat dan akalbatin
(hatinurani) yang digunakan untuk memilih yang terbaik dari yang tersedia itu
agar hidup adil dan makmur di dunia dan mendapat Surga Adnan kelak melalui
beribadah kepada-Nya.
● Allah berikan akal bagi manusia. “Allah menganugrahkan al-hikmah
(kepahaman yang dalam tentang Al-Qur’an dan As-Sunnah) kepada siapa yang Dia
kehendaki. Dan barang siapa yang dianugerahi al-hikmah, ia benar-benar telah
dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang BERAKAL-lah yang
dapat mengambil pelajaran (dari firman-Nya)” [QS Al-Baqarah
2:269]
● Allah angkat manusia sebagai khalifah-khalifah
(mandataris-mandaris)-Nya. “Dan
Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di bumi” [QS Al-An’am 6:165].
Khalifah-khalifah bermakna: Para Mandataris yang
diserahi tugas oleh Tuhan Sekalian Alam dalam mengelola kehidupan di bumi
bersama manusia-manusia lainnya agar manusia dan alam lestari dan sejahtera
(Khalifah sebagai pemakmur bumi). Tentunya para Mandataris ini selaku
‘mandatory” wajib melaksanakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dari Pemberi
Mandat (yakni Allah swt)
“Sesungguhnya
Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, tetapi
semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir tidak (dapat) melaksanakan
(berat), lalu dipikullah amanat itu oleh manusia.” [QS Al-Ahzāb 33:72]
●Allah serahkan langit dan bumi ini untuk manusia manfaatkan. “Dia-lah Allah, yang menjadikan segala
sesuatu yang ada di bumi untuk kamu (olah, gunakan, manfaatkan) [QS Al-Baqarah 2:29]
“Tidakkah
kamu perhatikan sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan) mu apa
yang ada di langit dan apa yang di bumi”. [QS Luqmān
31:20]
Manusia dapat mempelajari tabiat alam yang selalu tepat dan konstan berulang. Seperti matahari yang selalu terbit dan terbenam pada waktunya. Demikian pula Bumi berputar pada sumbunya. Dengan tabiat alam seperti itu manusia dapat mempelajarinya, mengukurnya dan merumuskannya.
Sebagai salah satu contoh manfaat alam bagi
manusia yaitu hubungan interaksi matahari dan bumi dan pengaruhnya bagi
manusia, yaitu menghasilkan waktu terang (siang, untuk 'bekerja'), waktu gelap
(malam, untuk 'istirahat'). Dengan itu bilangan waktu 24 jam sehari dapat
dirumuskan. Peredaran bumi (dari titik awal ke titiknya kembalinya) dalam
mengelilingi matahari dapat dihitung. Satu edaran lamanya 1 tahun. Jumlah hari
dalam setahun sama yaitu 365 (+1/4) hari.
Pada negeri-negeri yang terletak di dan dekat
garis katulistiwa ada 2 musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Pada
negeri-negeri yang terletak di sub tropic ada 4 musim, yaitu musim panas
(summer), musim rontok (fall, autum), musim dingin (winter,
snow, salju), dan musim bunga (spring).
Peristiwa 'alam musim' itu selalu berurutan dan
selalu berulang kembali dengan 'pasti'. Demikianlah kekuasaan Allah
mempergilirkannya. Dan dengan kebiasaan alam seperti itu maka dapat pula
manusia menghitung-tentukan bila mulai bercocok tanam, bila memetik (mengetam)
buah (hasilnya) dst, dst. Dengan itu engkau dapat merasakan adanya manfaat dari
alam yang sangat banyak untuk kepentinganmu sendiri, wahai manusia!
PEDOMAN DAN TUNTUNAN-NYA
A
|
llah turunkan Al-Kitab sebagai buku pintar
manusia, yaitu Kitab Suci Al-Qur’an Al-Karim sebagaimana yang dijelaskannya
secara eksplisit - benar, riil dan nyata dalam bentuk fisik dari wahyu yang
ditulis kemudiannya dari para sahabat-sahabat yang hafal Qur’an 30 juz, hafalan
mana kemudian dituliskan di media-media tulis ketika itu seperti a.l. tulang, batu, kulit binatang. Semasa khalifah atau
yang disebut Amirul mukminin Abu Bakar as dan dilanjutkan secara lengkap oleh Umar as menjadi tertulis lengkap yang tak tercampur dengan yang lain. Karena
antara bacaan hafalan sama dengan yang tertulis. Dipelihara hingga kini dan
seterusnya sampai akhir zaman.
Berfirmanlah Allah ‘Azza wa Jalla yang artinya: “Kami turunkan Al-Kitab
(Al-Qur’an) untuk ● menjelaskan segala sesuatu ● dan petunjuk ● serta rahmat ● dan
kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri. [QS An-Nahl 16:89]
“Inilah
(Al-Qur’an) suatu ● keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi ● petunjuk
serta ● pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa [QS Āli
‘Imrān 3:138]
Untuk itu Allah utus Nabi Muhammad saw sebagai Rasul Allah yang melaluinya
wahyu Allah di turunkan. Rasulullah saw
lah yang pertama-tama menjadi pembimbing dan suri tauladan bagi manusia. Hal
ini dipertegas oleh Allah Mahapencipta alam semesta dan manusia sebagaimana
firman-Nya yang artinya: “Sungguh,
telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi
orang yang mengharapkan (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan banyak
mengingat Allah.” [QS Al-Ahzāb 33:21]
PENUTUP
DARI KESELURUHAN SERIAL TULISAN
TATANAN MASYARAKAT DALAM AL-QUR’AN
D
|
emikianlah uraian yang cukup panjang lebar yang
disajikan dari tema Tatanan Masyarakat Dalam Al-Qur’an mulai dari Tatanan
Masyarakat Dalam Al-Qur’an (I) sampai Tatanan Masyarakat Dalam Al-Qur’an (VII).
Semoga bermanfaat jualah bagi kepentingan kita bersama dalam mengelola
kebersamaan manusia dalam suatu masyarakat (bangsa dan antar bangsa). Semuanya
itu berkat anugrah dan rahmat yang datang dari ‘Master-
Master-Master of Mind’ Pencipta Alam Semesta dan Manusia.
Bagaimana maha brilliant (cemerlang, indah dan jitunya) firman-firman Allah ‘Azza wa Jalla sebagai petunjuk dan
pedoman bagi manusia dalam ber-hablum
minannās (bersosial kemayarakatan) itu bagi kemanfaatan hidup ummat manusia
di abad ke-21 ini yang serba kompleks ini.
Petunjuk Al-Qur’an yang benar-benar dipelajari,
kemudian dicari dan didapati hikmahnya membuat kita hidup serasa mudah,
senyaman dalam kasih sayang-Nya, sesedap menghirup udara pagi yang segar, dan
segairah-gairah semangat dalam menggunakan dan memperjuangkannya, karena disitu
ada kepastian bersama-Nya untuk mencapai tujuan hidup selamat dan sejahtera
bagi seluruh ummat manusia umumnya.
Khususnya ummat muslimin yang benar-benar
mempedomani dan menjalankan ajaran-ajaran-Nya baik lahir (material) dan batin
(spiritual), baik hidup di Dunia, maupun kelak hidup di Akhirat, insya Allāh. Āmīn, Yā Rabb ul ‘Ālamīn! Semoga bermanfaatlah hendaknya tulisan ini bagi
kita semua. Billāhit Taufiq wal-Hidāyah.
[Tamat]. □ AFM
Tatanan Masyarakat Dalam Al-Qur’an
Catatan dan Catatan Kaki:
Sebagai tambahan dapat pula diikuti dalam blog ini yang bertema (klik ->) Islam & Modernisasi (V) sebagai study banding yang berkaitan dengan tulisan ini, yaitu bahwa Thomas Jefferson's dalam menyusun Deklarasi Kemerdekaan Amerika dari pemerintahan kolonial Kerajaan Inggris terinspirasikan dari ajaran Islam dalam al-Qur'an dalam bukunya Denise A. Spellberg berjudul "Thomas Jefferson's Qur'an".
Sebagai tambahan dapat pula diikuti dalam blog ini yang bertema (klik ->) Islam & Modernisasi (V) sebagai study banding yang berkaitan dengan tulisan ini, yaitu bahwa Thomas Jefferson's dalam menyusun Deklarasi Kemerdekaan Amerika dari pemerintahan kolonial Kerajaan Inggris terinspirasikan dari ajaran Islam dalam al-Qur'an dalam bukunya Denise A. Spellberg berjudul "Thomas Jefferson's Qur'an".
[1] Wahai
Manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan
seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku
agar kamu saling mengenal (lita'ārafū) satu sama lainnya. Sungguh, yang
paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa.
Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti. [QS Al-Hujurāt 49:13] □□
Bahan Bacaan:
1.
Sayyid Quthb, Tafsir Fi Zhilalil Qur'an (Di Bawah Naungan Al-Qur'an), Jilid 7,
Gema Insani Press, Jakarta, 2003.
2.
Prof. Dr. Haji Abdulmalik Abdulkarim Amrullah (HAMKA), Juz 14, Penerbit Pustaka
Panjimas, Jakarta 1987.
3.
ALFATIH, Al-Qur’an Tafsir Perkata Di Sarikan Dari Tafsir Ibnu Katsir, Pustaka
Alfatih.
4.
Sirah Nabawiyyah, Syaikh Shafiyyur-Rahman Al-Mubarakfury, Pustaka Al-Kautsar,
1997.
5.
Islam dan Modernisasi (V). □□□