Thursday, February 1, 2018

Kaligrafi Dalam Misi Islam





Nūn wal-Qolami wa Mā Yasthurūn
‘Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis’
[QS Al-Qalam 68:1]


K
Kaligrafi Islam mempunyai kedudukan yang istimewa diantara cabang-cabang seni Islam yang lain. Tidak seperti cabang seni Islam yang lain seperti musik, arsitektur dan lainnya, yang dalam beberapa hal banyak dipengaruhi oleh gaya-gaya lokal dan dari sejumah seniman non muslim. Maka kaligrafi mencapai puncak keindahannya di tangan-tangan piawai seniman muslim sepenuhnya, tanpa campur tangan pihak lain.

   Tanpa Islam barangkali huruf Arab tidak akan berarti apa-apa. Hal ini dapat dilihat dari perhatian umat Islam terhadap tulisan yang berawal dari perhatian mereka terhadap Al-Qur’an.

Wahyu Allah Subhana wa Ta’āla yang turun melalui Nabi Muhammad Shalallāhu ‘Alayhi Wassalam adalah kalimat suci yang merupakan bahasa Tuhan kepada hamba-Nya. Pertalian langsung antara tulisan dengan nilai-nilai keagamaan yang sakral menjadikan umat Islam selalu termotivasi untuk terus mengembangkannya.

   Pandangan ini kemudian dipertegas lagi dengan kenyataan bahwa bahasa Arab merupakan satu-satunya bahasa liturgis umat Islam. Tulisan Arab menjadi terangkat fungsi dan statusnya, bukan sekedar sebagai alat komunikasi antar manusia, tetapi juga merupakan tulisan religius yang sakral.

   Kehadiran Islam dengan berbagai atribut yang dibawanya, telah membawa perubahan besar dan cepat pada perkembangan tradisi Arab. Betapa tidak, ketika orang-orang Arab tengah asyik-masyuk dengan tradisi verbal yang mereka banggakan, wahyu pertama (al-‘Alaq:1-5) yang berisi perintah Tuhan agar membaca, menelaah, menganalisis justru menghentakkan mereka dari tidur panjangnya seolah menjadi “bom” yang menghempaskan idealisme bangsa Arab, sekaligus “proklamasi” kemestian budaya tulis-menulis dalam risalah yang dibawa Nabi Muhammad Shalallāhu ‘Alayhi Wassalam (baca: Islam).





Wahyu pertama itu segera disusul dengan pengertian lain seperti Tuhanmu yang mengajari manusia dengan pena. Kemudian dalam surat Al-Qalam (Pena) Allah Subhana wa Ta’āla berfirman yang artinya:

 ‘Nun, demi pena dan apa yang mereka tulis’. [QS Al-Qalam 68:1]

   Di samping itu, pengertian-pengertian simbolis pentingnya tulisan juga terdapat dalam banyak ayat, misalnya al-Qur’an yang tertulis dalam Lauhul Mahfudz [QS 85:21-22], dua malaikat yang mencatat perbuatan manusia [QS 82:10, 50:16], pemberian buku catatan perbuatan manusia pada hari akhir kelak [QS 17:73, 10:62, 34:4 dan sebagainya], perumpamaan seluruh pohon di bumi dijadikan pena tidak akan cukup menulis kekuasaan Allah [QS 31: 27], dan perumpamaan air laut sebagai tinta yang tidak akan cukup untuk menuliskan kekuasaan Allah meskipun ditambah lagi dengan tujuh kali air laut yang ada di bumi [QS 31:27, 18:109].

Semua ayat diatas merupakan penghargaan yang sangat tinggi terhadap pena, tinta, buku, dan tulisan. Dari sini dapat dipahami bahwa kaligrafi atau tulis-menulis memperoleh asal-usul yang langsung dari Allah Subhana wa Ta’āla lewat firman-firman-Nya.

   Dalam sejarah perkembangan kaligrafi, nilai-nilai dalam al-Qur’an ini menjadi ruh, spirit bagi para kaligrafer untuk terus mencipta dan berkarya.

Penghargaan yang demikian tinggi terhadap tulisan juga terdapat dalam beberapa Hadist Nabi Shalallāhu ‘Alayhi Wassalam. Kata Qalam (pena) misalnya disinggung dalam sebuah hadist tentang nasib manusia yang telah tertulis dan tidak dapat diubah, qad jaffa al-qalam (pena telah kering).



Hadist lain mengatakan: 'Ajarilah anakmu membaca dan menulis, serta penjelasan hadist Nabi Shalallāhu ‘Alayhi Wassalam yang merupakan penghargaan terhadap tulisan indah yang artinya:

‘Bahwa siapa yang menulis BismiLlāhir Rahmānir Rahīm dan memperindahnya, dia akan masuk surga’.

   Dalam sejarah Islam juga diperoleh keterangan bahwa Nabi Shalallāhu ‘Alayhi Wassalam mengerahkan para tawanan perang - yang notabene non muslim, untuk mengajari membaca dan menulis anak-anak Madinah. Kecintaan kepada tulis-menulis seperti dicontohkan Nabi Shalallāhu ‘Alayhi Wassalam akhirnya menjadi tauladan bagi para sahabatnya termasuk Abu Bakar ra, Umar ra, Usman ra, dan Ali ra. Budaya tulis-menulis dalam Islam telah memulai sejarahnya dan terbangun kuat sejak masa-masa awal Islam ini.





Memandang kaligrafi dari perspektif agama, hal ini juga didukung oleh citra bahwa kaligrafi dalam Islam dipandang sebagai manifestasi semangat religiusitas. Ini bermula dari pernyataan-pernyataan Allah Subhana wa Ta’āla sendiri dalam al-Qur’an dan beberapa Hadist seperti yang dikemukakan di atas.



Kualitas religius yang suci ini akhirnya menjadi ciri yang sangat tipikal dalam apresiasi kaligrafi sepanjang peradaban Islam. Melihat betapa dekatnya dunia seni dengan dunia agama dalam visi Islam dan peran besar kaum sufi – yang turut meniupkan ruh keilahian dalam seni Islam – kaligrafi mencapai puncak keindahannya. Hal ini dikarenakan ia tersembul dari spiritualitas (rohani) yang seimbang, serasi, dan harmonis.



   Keindahannya bukan muncul dari imajinasi tak terarah atau selera egois senimannya. Dalam kaligrafi Islam tidak ada kesan rebelli (memberontak), yang ada hanya bebas tetapi harmonis, tenteram dan bermakna. Dan keindahannya, keelastisannya adalah peta batin sang kaligrafer yang telah dinafasi oleh ruh religiusitas tertentu. Billāhit Taufiq wal-Hidayah. □


Sumber:
http://kaligrafimasjidgrc.com/2017/12/25/semangat-kaligrafi-dalam-misi-islam/
dan sumber-sumber lain (image). □□

Blog Archive